Cara Membuat Puisi Yang Baik Dan Benar

www.puisi.biz.id – Bagaimana Cara Membuat Puisi? Mungkin itu adalah sebuah pertanyaan seseorang yang ingin menulis puisi. Jujur saja kalau membuat puisi itu tidaklah mudah. Dari sekian banyak orang, hanya sedikit orang yang bisa membuat puisi. Oleh karena itulah jumlah penyair (pembuat puisi) itu sedikit sekali. Hanya orang yang memiliki jiwa puitis yang sanggup untuk membuat puisi yang indah dan disukai oleh banyak orang. Dan hanya Penyair legendaris yang bisa membuat karya puisi mereka menjadi abadi dan tak kenal lekang oleh waktu.

Terkadang Kita terkesima saat membaca sebuah puisi yang indah dan kita penasaran bagaimana cara membuat puisi seperti itu. Namun sebelum Kamu menciptakan sebuah puisi, maka kita harus tahu terlebih dahulu pengertian puisi itu sendiri. Menulis sebuah puisi tidak seperti saat kita menulis sebuah cerita, cerpen, novel, atau karya tulis lainnya. Puisi itu unik karena terdapat beberapa peraturan khusus hanya untuk membuat sebuah puisi. Aturan-aturan tersebut meliputi jumlah kata, jumlah baris, rima, irama, dan sebagainya. Peraturan pada puisi sebenarnya hanya berlaku pada beberapa jenis puisi tertentu. Contoh puisi lama yang memiliki aturan yang ketat, lalu puisi baru yang memiliki aturan yang sedikit lebih longgar, atau puisi kontemporer yang bahkan hampir tidak memiliki aturan dan sifatnya bebas. Namun Kamu tidak perlu memikirkan peraturan yang mengikat tersebut, karena pada zaman ini, Kamu bisa menulis puisi dengan sebebas imajinasimu dan seluas kreatifitasmu.

Apakah sekarang Kamu ingin membuat puisi? Apakah Kamu siap untuk menjadi penyair? www.puisi.biz.id akan memberimu tips langkah langkah-langkah membuat puisi.

Cara Membuat Puisi

1. Tema

Langkah pertama dalam membuat puisi adalah menentukan sebuah tema dari puisi tersebut. Tema adalah pokok pikiran atau pokok gagasan. Maksudnya adalah, Kamu ingin membuat puisi itu seperti apa, tentang apakah puisi tersebut, dan apa yang ingin anda sampaikan melalui puisi tersebut. Contoh : Kamu ingin membuat puisi untuk seorang Ibu, Maka Kamu harus membuat puisi dengan tema ibu. Dan isi dari puisi tersebut haruslah tentang seorang ibu, misalnya seperti: kebaikan seorang ibu, atau perasaan cinta kepada Ibu.

2. Perasaan

artinya peraaan apa yang ingin Kamu masukkan ke dalam puisi tersebut, perasaan sedih, perasaan senang, perasaan marah, perasaan semangat, atau lainnya. Dengan pemilihan kata-kata, Kamu harus bisa menyampaikan apa yang Kamu rasakan. Puisi pada dasarnya adalah tentang emosi yang ada pada diri penyair. Perasaan apakah yang timbul ke pikiran Kamu ketika Kamu sedang melihat atau bahkan merasakan obyek tersebut. Dengan rangkaian kata-kata, Kamu harus menyampaikan apa yang Kamu rasakan. Sehingga nantinya Para pembaca puisi bisa memahami apa yang dialami oleh penyair atau apa yang dirasakan oleh penyait. Puisi pada dasarnya adalah tentang emosi penyair. Perasaan apakah yang datang ke pikiran Kamu ketika Kamu melihat obyek. Contohnya saja saat ini Kamu lagi semangat karena hari ini peringatan hari kemerdekaan 17 agustus atau lagi memperingati hari pahlawan, maka perasaan yang dituangkan kedalam puisi tersebut haruslah perasaan semangat.

3. Kondisi atau suasana

Kondisi Kamu sekarang bagaimana? Sehat kah atau sedang sakit. Suasana hati Kamu saat ini bagaimana? Apakah lagi senang, sedih, marah, semangat, atau lainnya. Seperti apa suasana puisi yang akan Kamu buat nantinya. Suasana hati dapat membantu anda menyampaikan perasaan lebih efektif. Contohnya saja saat ini Kamu sedang mengalami suasana jatuh cinta, maka perasaan yang dituangkan kedalam puisi tersebut adalah perasaan cinta atau perasaan bahagia karena jatuh cinta. Atau saat ini Kamu sedang putus dengan seseorang, maka perasaan sedih yang harus Kamu tuangkan kedalam puisi tersebut.

4. Maksud Dan Tujuan

Kamu membuat puisi itu tujuannya untuk apa? Apa maksud dari puisi ciptaanmu tersebut. Maksud dan tujuan dalam puisi itu sangat penting supaya ide pikiran Kita tersampaikan oleh pembaca. Dan diharapkan para pembaca dapat memahami maksud dari puisi kita. Hal yang luar biasa dari puisi adalah bahwa puisi dapat merubah keadaan sekitar Kita. Seperti contohnya puisi tentang kenegaraan atau puisi tentang kebangsaan yang isinya tentang kritikan terhadap pemerintah, pejabat, pemimpin, maupun hukum yang berlaku. Contoh : Kamu membuat puisi tentang kebangsaan namun dengan maksud mengkritik kinerja pemerintahan atau mengkritik hukum yang berlaku saat ini. Nah jika puisi buatanmu memiliki maksud dan tujuan untuk mengkritik, gunakan bahasa yang sopan, dan kalau bisa berikan solusi terhadap masalah tersebut, agar puisimu lebih berbobot.

5. Gaya penulisan

artinya Kamu harus menemukan gaya bahasamu sendiri dalam membuat puisi, sehingga menjadikan puisi buatanmu itu unik daripada yang lain. Penyair masa kini sering menggunakan gaya sajak yang bebas. Meskipun, untuk pemula, gaya ini mungkin tidak memiliki struktur formal dan terlihat mudah.

6. Media Yang Digunakan

Zaman dahulu sebelum ada internet, para penyair menulis puisi dengan media kertas dan pensil ataupun ballpoint. Kemudian puisi tersebut diterbitkan kedalam koran ataupun majalah. Zaman sekarang sudah jauh lebih maju, dengan adanya internet dan teknologi komputer, Orang-orang bisa mengetik puisi Mereka di komputer ataupun lewat smartphone, kemudian mempublikasikan puisi tersebut lewat media online seperti blog ataupun website. www.puisi.biz id adalah salah satu media sara online untuk mempublikasikan puisi dari para penyair yang ada di indonesia. Jika Kamu sudah membuat puisi, maka Kamu bisa kirim puisi tersebut ke www.puisi.biz.id untuk dipublikasikan secara online.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *